ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO


Deasti Arum Fajarwati , 2302911021 (2015) ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO ]
Preview
PDF (ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO ) - Published Version
Download (680kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Muhammadiyah wonosobo sudah menerapkan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajarannya, namun penulis melihat proses pembelajaran yang berlangsung, alur pembelajarannya tidak jauh berbeda dengan alur pembelajaran bahasa Jepang yang dikeluarkan oleh Japan Foundation yang notabene masih mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Masalah umum dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Muhammadiyah Wonosobo sudah sesuai Kurikulum 2013. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Muhammadiyah Wonosobo sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah Wonosobo yang terdiri dari 38 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar Bahasa Jepang di kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah Wonosobo dengan tema Kehidupan anggota keluarga. Metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis data hasil observasi digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hal-hal yang terjadi selama proses pembelajaran Bahasa Jepang dipaparkan untuk mengetahui kualitas pembelajaran Bahasa Jepang di kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah Wonosobo. Dalam penelitian ini, data yang telah terkumpul akan diolah dan pengolahan data dilakukan dengan triangulasi, reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Proses pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Muhammadiyah dengan tema kehidupan keluarga adalah berdasarkan hasil analisis yang bersumber pada lembar observasi Lembar Kerja Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, proses pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Muhammadiyah wonosobo sudah dilaksanakan dengan Kurikulum 2013 namun masih mengacu pada alur pembelajaran Bahasa Jepang yang dikeluarkan oleh Japan Foundation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kurikulum 2013, Pembelajaran Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:34
Last Modified: 02 Feb 2016 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23292

Actions (login required)

View Item View Item