PEMAHAMAN GURU TERHADAP OBJEK WISATA GUCI SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN TEGAL


Tenta Tias Brilliant , 3201411073 (2015) PEMAHAMAN GURU TERHADAP OBJEK WISATA GUCI SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411073.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berkembamgnya ilmu pengetahuan berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan akan sumber belajar yang inovatif . Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Atraksi di Objek Wisata Guci yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar Geografi, (2) Bagaiman relevansi Objek Wisata Guci dengan materi pembelajaran Geografi, dan (3) Bagaimana pemahaman guru Geografi SMA di Kabupaten Tegal terhadap Objek Wisata Guci sebagai sumber belajar. Penelitian dilakukan di kawasan Objek Wisata Guci dan SMA-SMA Negeri di Kabupaten Tegal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis deskriptif persentase. Metode yang digunakan dalam pengambilan sample adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Objek Wisata Guci dapat dijadikan sumber belajar terbukti dari hasil analisis potensi pasaran wisata, pada analisis tersebut menunjukan bahwa ada 6 atraksi di Objek Wisata Guci yang dapat dijadikan sumber belajar. Secara general karakteristik objek-objek yang potensial relevan dengan materi pembelajaraan pada mata pelajaran Geografi SMA di Kabupaten Tegal khusunya pada materi-materi yang berhubungan dengan Geografi fisik seperti litosfer, atmosfer, hidrosfer, pedosfer, biosfer, sumber daya lama, dan lingkungan. Sedangkan untuk pemahaman guru Geografi SMA di Kabupaten telah memiliki pemahaman yang baik mengenai potensi Objek Wisata Guci sebagai sumber belajar sehingga guru telah mampu merancang sebuah pembelajaran yang menarik dan inovatif dengan menggunakan Objek Wisata Guci sebgai sumber maupun sarana pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Atraksi di Objek Wisata Guci yang dapat dijadikan sumber belajar adalah Pemandian Pancuran 13, Curug Sungai Gung, Bukit Perkasa, Curug Pancuran 5, Wana Wisata, dan Curug Jedor, (2) Objek Wisata Guci memiliki relevansi dengan materi pembelajaran pada mata pelajaran Geografi, (3) Pemahaman guru Geografi SMA di Kabupaten Tegal terhadap Objek Wisat Guci sebagai sumber belajar masuk dalam kriteria cukup dengan persentase pencapaian sebesar 51,13%. Saran dari peneliti (1) Bagi guru dalam upaya memberikan pembelajaran yang inovatid dan sesuai dengan taraf berfikir peserta didik hendaknya menggunakan metode yang lebih bervariatif. Serta dalam upaya pengembangan kemampuan hendaknya dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan lingkungan yang ada untuk dijadikan sumber dan sarana belajar khusunya Objek Wisata Guci, (2) Bagi pemerintah hendaknya meningkatkan kualitas kepariwisataan Kabupaten Tegal khusunya Objek Wisata Guci demi kenyamanan pengunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Guru, Objek Wisata Guci, Sumber Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:21
Last Modified: 02 Feb 2016 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item