PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 CLUWAK PATI


Suntoro , 2101405058 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 CLUWAK PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 CLUWAK PATI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 CLUWAK PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Keterampilan menulis teks berita bertujuan untuk meningkatkan aspek komunikatif dan produktif. Peningkatan keterampilan menulis teks berita perlu ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan dan teknik belajar yang tepat. Teknik pembelajaran yang bukan hanya dapat mengondisikan suasana pembelajaran, melainkan langkah intensif yang berhubungan langsung dengan kegiatan menulis teks berita. Salah satu teknik yang tepat dalam pembelajaran menulis teks berita adalah teknik 3M. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan teknik 3M, serta bagaimana perubahan perilaku siswa setelah diterapkan teknik 3M dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita dan perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran dengan teknik 3M. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini ada dua macam yaitu manfaat praktis dan manfaat teoretis. Manfaat teoritisnya yaitu memberi sumbangan informasi dan masukan bagi pengembangan teori pembelajaran keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini juga memiliki manfaat praktis bagi guru, siswa, dan sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cluwak. Penelitian ini terbagi atas tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes, pengamatan, wawancara, jurnal, sosiometri, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan hasil tes menulis teks berita, sedangkan data kuantitatif menunjukkan perubahan perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus adalah 62,37, sedangkan pada siklus I sebesar 73,68, serta pada siklus II mencapai 79,31. Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahap prasiklus ke siklus II mencapai 27,16%. Secara rinci nilai rata-rata pada aspek amatan penggunaan kalimat efektif tahap prasiklus adalah 70,21, pada siklus I adalah 71,27, sedangkan pada siklus II mencapai 76,59. Pada aspek pilihan kata, nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 64,89, siklus I adalah 69,68, dan siklus II 89,90. Nilai rata-rata pada aspek penggunaan ejaan yang disempurnakan pada tahap prasiklus adalah 64,36, siklus I sebesar 66,48, dan siklus II mencapai 70,74. Pada aspek kelengkapan unsur berita nilai rata-rata tahap prasiklus adalah 68,61, pada siklus I adalah 88,83, dan pada siklus II sebesar 94,14. Aspek kemenarikan judul nilai rata-rata secara berurutan dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II adalah 54,78; 64,89; dan 66,48. Sementara itu nilai rata-rata pada aspek keruntutan pemaparan secara berurutan dari tahap prasiklus sampai siklus II adalah 60,10; 71,80; dan 75,53. Aspek amatan terakhir adalah kerapian penulisan yang persentase pada tahap prasiklusnya adalah 61,17, siklus I rata-rata kelasnya adalah 70,21, sedangkan siklus II mencapai 78,72. Berdasarkan hasil nontes, siswa juga mengalami perubahan perilaku. Siswa yang pada tahap prasiklus banyak melakukan sikap negatif seperti mencontek, berbicara dengan teman sebangku saat pembelajaran, kurang aktif dalam pembelajaran, pada siklus I dan II mulai menunjukkan sikap yang positif. Sikap itu di antaranya kesiapan siswa menerima pelajaran lebih baik, intensitas berbicara dengan teman berkurang, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, serta merespon positif dengan teknik 3M yang peneliti gunakan. Teknik 3M dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa. Oleh karena itu, siswa, guru, dan lembaga pendidikan seharusnya menggunakan teknik 3M dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, berita, 3M
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 May 2011 04:12
Last Modified: 25 Apr 2015 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item