HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS X IIS SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 WIRADESA TAHUN AJARAN 2014/2015


GALIH KUSUMA PRATAMA WARDHANI , 3101411158 (2015) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS X IIS SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 WIRADESA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411158.pdf]
Preview
PDF
Download (812kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Wiradesa serta hubungannya dengan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2015 sampai 30 Maret 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif- korelasional. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa, sedangkan korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Istrumen yang digunakan terdiri dari 33 butir soal, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan nilai hasil Ujian Tengah Semester (UTS) semester genap tahun ajaran 2014/2015. Setelah dilakukan pengukuran terhadap disiplin belajar, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 76, ini berarti disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Wiradesa berada pada tingkat sedang. Untuk mengetahui tingkat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar, digunakan rumus korelasi dari Karl Pearson. Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai r-hitung = 0,285, yang berarti nilai korelasi sangat rendah/tidak berkorelasi. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai r-hitung dengan r-tabel. Jumlah sampel (N=41) pada taraf signifikan 5% didapat nilai r-tabel = 0,038, pada taraf signifikan 1% didapat nilai r-tabel = 0,398. Berarti r-hitung < r-tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar siswa dengan prestasi belajarnya. Disiplin belajar siswa hanya memberikan kontribusi sebesar 0,08% terhadap hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:20
Last Modified: 02 Feb 2016 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item