STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH SMA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KELAS X SMA N 1 BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Khoirul Afif , 3101411125 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH SMA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KELAS X SMA N 1 BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411125.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pengimplementasiankurikulum 2013 masih terdapat kendala, sehingga peneliti tertarik untuk menelaah strategi pembelajaran sejarah. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan dan menganalisis pemahaman guru sejarah terhadap kurikulum 2013 dan kondisi pembelajaran sejarah di SMA N 1 Bangsri; (2) untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran sejarah dalam menerapkan Kurikulum 2013 di kelas X SMA N 1 Bangsri; (3)untuk mendiskripsikan proses pembelajaran pada penerapan strategi pembelajaran sejarah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini berada di SMA N 1 Bangsri. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan, melakukan pencatatan selama observasi proses pembelajaran dan mengajukan pertanyaan tentangdokumen yang diteliti. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah kelas X dan juga beberapa siswa kelas X.Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memahami kurikulum 2013 bertujuanuntuk pembentukan karakter. Dalam penerapanya ada beberapa kondisi di SMA N 1 Bangsri yang menghambat penerapan kurikulum 2013 seperti kemampuan siswa yang berbeda-beda, baik kemampuan akademik maupun ekonomi. Beberapa strategi pembelajaran yang diterapkan guru seperti menerapkan metode diskusi dan ceramah untuk menambah keaktifan dan pemahaman siswa, penggunaan handphone untuk akses internet, mengefektifkan media video dan gambar, melakukan pengamatan dalam penilaian sikap dan penilaian keterampilanberupa soal berpendapat. Dengan strategi pembelajaran tersebut, proses pembelajaran sejarah berjalan lebih ringan karena guru mengurangi intensitas aktivitas dan tugas yang diberikan kepada siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut; (1) pelatihan kurikulum 2013 terhadap guru sejarah perlu lebih diintensifkan., (2) Agar pelatihan dapat berhasil maka harus disediakan instruktur yang kompeten dalam bidang kurikulum 2013., (3) Jika kurikulum 2013 masih belum bisa dijalankan maka sebaiknya sekolah kembali ke kurikulum KTSP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Guru Sejarah, Kurikulum 2013
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:22
Last Modified: 02 Feb 2016 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23276

Actions (login required)

View Item View Item