PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DAN LIFE SKILL SISWA KELAS XI IPA SMA 1 KAJEN


Yeti Utami , 4301411052 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DAN LIFE SKILL SISWA KELAS XI IPA SMA 1 KAJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411052.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar kimia khususnya pada materi larutan penyangga dengan pemberian materi secara teori kepada siswa melalui ceramah, diskusi, praktikum dan presentasi. Pada kegiatan belajar, sebagian siswa juga belum aktif dalam pembelajaran. Adanya kekurangaktifan siswa dalam proses pembelajaran, berdampak pada pemahaman konsep kimia siswa terhadap materi juga kurang. Pada kegiatan belajar belum mengaitkan materi dengan produk kimia sehari-hari serta belum memberikan pelajaran terkait pembuatan produk dari aplikasi materi kimia. Oleh karena itu, diperlukan suatu model atau strategi pembelajaran yang digunakan guru seharusnya dapat membantu siswa dalam memahami konsep kimia serta membekali life skill siswa. Model pembelajaran berbasis proyek menjadi salah satu alternatif pilihan dalam pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa dalam memecahkan masalah, berkolaborasi, serta membuat suatu karya cipta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan life skill siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Kajen dengan sampel kelas 11D sebagai kelas eksperimen dan kelas 11B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan angket. Data posttest dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Data observasi dan angket dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest pemahaman konsep kimia siswa kelas eksperimen (76,03) lebih besar dari kelas kontrol (66,22). Berdasarkan uji korelasi biserial hasil penelitian memberikan harga rb sebesar 0,3918, sehingga diperoleh koefisien determinasi sebesar 15,36%. Hasil analisis deskriptif, kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol pada hasil observasi 4 aspek life skill yang meliputi thinking skill, social skill, academic skill, dan vocational skill. Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap pemahaman konsep kimia dan life skill siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Life Skill, Pemahaman Konsep Kimia, Pembelajaran Berbasis Proyek
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:21
Last Modified: 02 Feb 2016 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item View Item