PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MENILAI INVESTIGASI SEDERHANA SISWA KELAS XI BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK


Novita Kus Irawati , 4301411048 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MENILAI INVESTIGASI SEDERHANA SISWA KELAS XI BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411048.pdf]
Preview
PDF
Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian portofolio dan implementasinya untuk penilaian investigasi sederhana siswa SMA materi koloid yang layak dan efektif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Desain ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Kelayakan instrumen ditentukan berdasarkan uji kelayakan yang dinilai dengan menggunakan menggunakan lembar validasi. Reliabilitas instrumen penilaian dianalisis dengan menggunakan Cronbach-α. Instrumen penilaian memenuhi kriteria reliabel dengan r11 lebih dari 0,7. Keefektifan instrumen penilaian portofolio dinyatakan efektif jika skor dengan predikat sangat baik dan baik lebih dari 75% jumlah semua siswa yang menggunakan instrumen penilaian. Hasil analisis data menunjukkan penilaian kelayakan instrumen mendapat rata-rata skor 30 oleh validator 1 dengan predikat layak, rata-rata skor 30 oleh validator 2 dengan predikat layak, dan rata-rata skor 38 oleh validator 3 dengan predikat sangat layak. Skor rata-rata nilai tugas-tugas portofolio siswa setelah menggunakan instrumen adalah lebih dari 75% memenuhi skor dengan predikat sangat baik dan baik. Instrumen penilaian portofolio mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen hasil pengembangan dapat dianggap layak, reliabel dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi koloid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: investigasi sederhana, penilaian autentik, portofolio
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:21
Last Modified: 02 Feb 2016 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item View Item