PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMK N 1 WONOGIRI


Rohmat Fatoni , 5302411190 (2015) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMK N 1 WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN KKPI  DI SMK N 1 WONOGIRI ]
Preview
PDF (PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMK N 1 WONOGIRI ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan atau partisipasi siswa dalam proses pembelajaran KKPI sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan membuat media pembelajaran Flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran flashpada siswa SMK N 1 Wonogiri. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Bentuk quasi experimental design yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMK N 1 Wonogiri. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuhdengan dipastikan kesetaraannya (matching) sehingga diperoleh siswa kelas XI Pemasaran 1 (kelompok eksperimen) dan siswa kelas XI Pemasaran2 (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data diperoleh dengan mengambil dua macam data yaitu data kemampuan awal siswa melalui pretest dan data setelah mahasiswa diberikan perlakuan (treatment) melalui posttest. Pretest maupun posttest diberikan pada semua sampel, dari data yang dihasilkan kemudian dilakukan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis meliputi uji beda dan uji gain. Hasil penelitian dengan analisis statistik uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Flash dengan hasil belajar siswa yang pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran Flash. Dibuktikan dengan thitung > ttabel (4,462 > 2,000). Berdasarkan analisis uji gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa yang dibelajarkan denganmenggunakan media pembelajaran Flash dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan media pembelajaran Flash. Dibuktikan dari nilai pretest dan posttest didapat rata-rata skor gain kelompok eksperimen lebih tinggi yakni 0,70 sedangkan kelompok kontrol adalah 0,53.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hasil belajar, Microsoft Powerpoint.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 12:41
Last Modified: 01 Feb 2016 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23271

Actions (login required)

View Item View Item