PENGARUH KEAKTIFAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG


Desyana Kartika , 5302411113 (2015) PENGARUH KEAKTIFAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEAKTIFAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE  MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA  PELAJARAN TIK KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG ]
Preview
PDF (PENGARUH KEAKTIFAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG ) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan sentral dari proses pembelajaran karena harus memiliki strategi khusus agar siswa dapat memahami dan mengerti materi pelajaran yang disampaikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan, model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah dan diskusi sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu sarana prasarana yang tersedia masih kurang. Hal ini berdampak pada rata-rata hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keaktifan dalam model pembeajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X SMA Teuku Umar Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan model desain pretesstposttest control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling.Kelas X-2 dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-1 dipilih sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian didapatkan pengelolaan guru dalam pembelajaran 83% dalm kriteria baik, rata-rata keaktifan dalam model pembelajaran kooperatif tipe make a match diperoleh presentase 83% dengan kriteria sangat aktif. Dari uji t didapatkan jika 2,57 > 2,02 berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji regresi sederhana juga di dapatkan persamaan Y = 19,03 + 1,45X dengan koefisien determinasi 0,67 yang artinya variabel keaktifan dalam model pembelajaran kooperatif tipe make a match mempengaruhi hasil belajar sebesar 67%. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu untuk lebih memperhatikan luas ruang kelas menyesuaikan dengan jumlah siswa dan perlu ditambahkan media dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Keaktifan, Tipe make a match, Hasil belajar, TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 12:27
Last Modified: 01 Feb 2016 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item View Item