PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN LISTENING BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA


Galuh Puspita Ariputri , 5302411049 (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN LISTENING BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN LISTENING BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN LISTENING BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil temuan dilapangan menyatakan bahwa hasil tes ketrampilan listening belum memenuhi KKM 75. Selain itu minat siswa terhadap pembelajaran listening bahasa Inggris juga masih rendah. Salah satu faktor yang melatarbelakangi adalah proses pembelajaran di kelas yang masih menggunakan metode ceramah dan media konvensional yaitu menggunakan sound. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan sebuah aplikasi android yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran listening bahasa Inggris serta mengimplementasi aplikasi tersebut dalam pembelajaran berbasis mobile agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian One Shot Case Study. Langkah langkah dalam penelitian meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain kepada ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, revisi desain, uji coba produk kepada siswa kelas XI SMA Negeri Banyumas sengan jumlah sampel 37 siswa serta revisi produk. Media yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran listening bahasa Inggris berdasarkan hasil validasi. Hasil analisis pengujian hipotesis dengan uji-t menunjukan bahwa nilai t tabel = 2,028 < t hitung = 7,62 yang berarti Ha diterima atau rata-rata hasil belajar listening bahasa Inggris menggunakan aplikasi android lebih besar dari 80. Dengan pengujian n-Gain diperoleh nilai gain 32,69% atau 0,3269 dimana berada dalam rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 yang dikategorikan sedang, sehingga dapat dikatakan sampel mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil angket respon siswa terhadap aspek perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian, dan aspek keterlibatan siswa menunjukan respon siswa yang sangat positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran listening bahasa Inggris menggunakan aplikasi android sangat tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android; Listening Bahasa Inggris; M-Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 12:23
Last Modified: 01 Feb 2016 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item View Item