PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES-TOURNAMENT) BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 2 DIMENSI


Rossy Setiawan , 5201409046 (2016) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES-TOURNAMENT) BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 2 DIMENSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES-TOURNAMENT) BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 2 DIMENSI ]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES-TOURNAMENT) BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 2 DIMENSI ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar menggambar AutoCAD 2D menggunakan metode pembelajaran konvensional berbantuan facebook dan kooperatif tipe TGT berbantuan facebook. Pembelajaran diterapkan pada kelas penelitian yakni X TP 1 dan TP 2, serta betujuan untuk mengetahui seberapa perbedaan hasil belajar. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah eksperimen dengan tipe Randomized Control Group Pre-Test Post-Test Design dan memakai tes kinerja sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang yang berjumlah 68 Siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling (sampel acak). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar ranah psikomotor siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 62,25 meningkat menjadi 71,33 sedangkan hasil belajar ranah psikomotor siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan facebook sebesar 62,50 meningkat menjadi 75,33. Penggunaan metode pembelajaran koopeartif tipe TGT berbantuan facebook mengalami peningkatan sebesar 17,03% sedangkan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 12,72%, sehingga menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji perbedaan bahwa Thitung(2.80)>Ttabel(2.045) dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan facebook lebih baik daripada pembelajaran konvensional berbantuan facebook dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, TGT Berbantuan Facebook, CAD 2D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 12:13
Last Modified: 01 Feb 2016 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23264

Actions (login required)

View Item View Item