EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Mualimaturrochmah , 4401411097 (2015) EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di sekolah diketahui bahwa pembelajaran biologi pada materi tumbuhan masih menggunakan model ceramah dan diskusi kelas. Nilai siswa yang belum mencapai ketuntasan kriteria minimal (KKM) ≥ 75 sebesar 38,04%. Penerapan model student teams achievement divisions (STAD) berbantuan modul berbasis pendidikan karakter diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini karena pembelajaran dengan model STAD melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar sehingga siswa menjadi aktif. Pembelajaran dengan model STAD ini dibantu dengan modul berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model STAD berbantuan modul berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kragan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Sampel dalam penelitian adalah kelas X7, X8, dan X9 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian meliputi hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor, tanggapan siswa dan guru. Hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan tanggapan siswa dan guru dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian meliputi: ketuntasan hasil belajar kognitif siswa kelas X7, X8, dan X9 sebesar 78.12%, %, 86.67%, dan 83.33%, kelas X8 dan X9 telah melebihi indikator keberhasilan sedangkan X7 belum; hasil belajar afektif (sikap) siswa semua kelas telah minimal baik; hasil belajar psikomotor (keterampilan) siswa semua kelas telah minimal terampil; semua siswa dan guru memberikan tanggapan baik terhadap model pembelajaran STAD berbantuan modul berbasis pendidikan karakter. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan modul berbasis pendidikan karakter efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi tumbuhan di SMA Negeri 1 Kragan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, materi tumbuhan, modul berbasis pendidikan karakter, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 12:10
Last Modified: 01 Feb 2016 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23263

Actions (login required)

View Item View Item