PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK ICE-TRA PADA MATERI KOLOID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BESARNYA MINAT BERWIRAUSAHA SISWA


Ristasari Wulandari, 4301411124 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK ICE-TRA PADA MATERI KOLOID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BESARNYA MINAT BERWIRAUSAHA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK ICE-TRA PADA MATERI KOLOID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN  BESARNYA MINAT BERWIRAUSAHA SISWA   ]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK ICE-TRA PADA MATERI KOLOID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BESARNYA MINAT BERWIRAUSAHA SISWA ) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMK N 10 Semarang menyatakan bahwa pemahaman konsep kimia selama 2 tahun terakhir semakin menurun. Hal tersebut akibat antusias siswa yang kurang pada mata pelajaran kimia. Oleh karena itu diterapkan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dengan Produk Ice-Tra pada Materi Koloid, yakni pembelajaran yang dapat menghubungkan materi koloid dengan produk-produk koloid disekitar siswa sehingga membantu siswa memahami materi dan menumbuhkan minat wirausaha siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan produk Ice-Tra terhadap pemahaman konsep dan besarnya minat wirausaha siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 10 Semarang yang menerima pelajaran Kimia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain control group pre test post test. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling sehingga dipilih kelas XI TIPK 2 sebagai kelas eksperimen dan XI NKN sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, pembelajaran ditambahkan dengan pengerjaan Proyek Ice-Tra sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran seperti yang biasa dilakukan guru mitra tanpa menerapkan PjBL. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan angket. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh hasil kelas eksperimen memiliki rata-rata pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Analisis mendapatkan koefisien korelasi biserial pemahaman konsep (rb) sebesar 0,479 dengan koefisien determinasi sebesar 22,94%, sedangkan minat wirausaha siswa rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dengan kriteria kuat. Jadi besarnya kontribusi pembelajaran koloid melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Produk Ice-Tra terhadap pemahaman konsep siswa sebesar 22,94% dan minat wirausaha siswa tumbuh dengan kriteria kuat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia berbasis proyek dengan produk Ice-Tra berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI materi koloid dan menumbuhkan minat wirausaha berkriteria kuat di SMK Negeri 10 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ice-Tra, Minat Wirausaha, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 11:42
Last Modified: 01 Feb 2016 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item View Item