PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION (GI)BERBANTUAN LKS UNTUKMENINGKATKANSIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BEKERJA ILMIAH SISWASMA


Diyah Ayu Lestari , 4301411040 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION (GI)BERBANTUAN LKS UNTUKMENINGKATKANSIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BEKERJA ILMIAH SISWASMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION (GI)BERBANTUAN LKS UNTUKMENINGKATKANSIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BEKERJA ILMIAH SISWASMA ]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION (GI)BERBANTUAN LKS UNTUKMENINGKATKANSIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BEKERJA ILMIAH SISWASMA ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang kurang melibatkan siswa merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan alternatif pembelajaran yang diharapkan dapat mengaktifkan siswa di kelas, salah satu diantaranya adalah model group investigation (GI) berbantuan LKS. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan bekerja ilmiah siswa kelas XI MIA 2 SMA 1 Bae Kudus menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan LKS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA 2 SMA 1 Bae Kudus. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.Sikap ilmiah dan keterampilan bekerja ilmiah siswa dari siklus I hingga III mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Sikap ilmiah siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belum mencapai indikator pada setiap aspek, kemudian pada siklus II jumlah siswa tuntas yang sudah mencapai indikator terjadi pada aspek bertanggungjawab, bekerja sama, teliti, fleksibel dan peduli lingkungan. Pada siklus III setiap aspek sikap ilmiah sudah mencapai indikator keberhasilan. Keterampilan bekerja ilmiah siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belum mencapai indikator pada setiap aspek, kemudian pada siklus II jumlah siswa tuntas yang sudah mencapai indikator terjadi pada aspek menganalisis hasil percobaan dan keterampilan presentasi. Pada siklus III setiap aspek keterampilan bekerja ilmiah sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Nilai rata-rata klasikal siklus I,II dan III berturut-turut adalah 71,22, 75,09 dan 84,50 dengan rasio ketuntasan klasikal siklus I, II dan III berturut-turutadalah 18/32, 20/32, 28/32. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation (GI) berbantuan LKS dapat meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan bekerja ilmiah siswa kelas XI MIA 2 SMA 1 Bae Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bekerja ilmiah, model pembelajaran group investigationberbantuan LKS, sikap ilmiah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 11:37
Last Modified: 01 Feb 2016 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23259

Actions (login required)

View Item View Item