PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK
Rizki Khalaliyah , 4201411130 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Fisika merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari- hari. Pembelajaran fisika di sekolah masih sekadar memberikan informasi, sehingga siswa kurang dapat mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan kesehariannya dan kurangnya pengembangan berpikir kritis. Upaya untuk menanggulangi hal tersebut salah satunya adalah LKS berbasis Problem Solving. Melalui pendekatan Problem Solving, siswa dilatih melakukan analisis dari berbagai permasalahan yang menuntunnya dalam menemukan konsep fisika yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik LKS berbasis Problem Solving, peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis, serta respon siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Tegal. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1. Prosedur pengembangan LKS terdiri atas 3 tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain, serta tahap pengembangan dan implementasi. LKS divalidasi oleh dosen pembimbing, kemudian diuji kelayakannya oleh 2 guru Fisika SMA dan uji keterbacaan oleh 10 siswa yang telah mendapat materi Alat Optik. Data hasil belajar diperoleh dari pretest dan posttest. Data peningkatan berpikir kritis diperoleh dari observasi. Data minat belajar fisika dan respon siswa terhadap LKS diperoleh dari angket. Analisis peningkatan berpikir kritis, minat belajar fisika, dan respon siswa menggunakan deskriptif persentase serta peningkatan hasil belajar aspek kognitif menggunakan uji gain. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKS sangat layak digunakan pada pembelajaran fisika, uji keterbacaan berada pada kriteria mudah dipahami, peningkatan hasil belajar menunjukkan kategori sedang, peningkatan kemampuan berpikir kritis menunjukkan kategori sedang, dan respon siswa menunjukkan kriteria tinggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan Problem Solving, Lembar Kerja Siswa (LKS), berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 11:24 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 11:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23256 |
Actions (login required)
View Item |