MEDIA INTERAKTIF FISIKA POKOK BAHASAN OPTIK TERINTEGRASI KARAKTER UNTUK SISWA SMA KELAS X


Noor Hidayah , 4201411090 (2015) MEDIA INTERAKTIF FISIKA POKOK BAHASAN OPTIK TERINTEGRASI KARAKTER UNTUK SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEDIA INTERAKTIF FISIKA POKOK BAHASAN OPTIK TERINTEGRASI KARAKTER UNTUK  SISWA SMA KELAS X  ]
Preview
PDF (MEDIA INTERAKTIF FISIKA POKOK BAHASAN OPTIK TERINTEGRASI KARAKTER UNTUK SISWA SMA KELAS X ) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Media interaktif menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di dunia pendidikan. Akhir-akhir ini, media cetak maupun media elektronik sering menayangkan perilaku anak bangsa yang tidak berkarakter. Permasalahan penurunan moral anak bangsa tidak bisa dibiarkan saja, tetapi perlu menanamkan nilai karakter dalam proses pendidikan. Salah satu pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran fisika adalah menggunakan media interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik media interaktif fisika terintegrasi karakter, peningkatan hasil belajar, perkembangan karakter dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan One Group PretestPosttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Kudus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5. Uji kelayakan media interaktif fisika divalidasi oleh dosen pembimbing 1 dan 2. Data hasil belajar diperoleh dari pretest dan posttest. Data perkembangan karakter diperoleh dari observasi dan angket. Data respon siswa terhadap media interaktif fisika diperoleh dari angket. Analisis perkembangan karakter dan respon siswa menggunakan deskriptif persentase serta peningkatan hasil belajar aspek kognitif menggunakan uji gain. Hasil penelitian didapatkan karakteristik Media Interaktif Fisika Pokok Bahasan Optik Terintegrasi Karakter yaitu bersifat interaktif berbantuan Microsoft Powerpoint 2013 terintegrasi karakter jujur, disiplin, rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras dan tanggungjawab, peningkatan hasil belajar menunjukkan kategori tinggi, perkembangan karakter menunjukkan kategori membudaya, dan respon siswa menunjukkan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif; Alat-alat Optik; Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 11:15
Last Modified: 01 Feb 2016 11:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item