PERANCANGAN APLIKASI FUZZY INFERENCE SYSTEMS UNTUK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Diponegoro)


Izza Hasanul Muna , 4111411040 (2015) PERANCANGAN APLIKASI FUZZY INFERENCE SYSTEMS UNTUK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Diponegoro). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI FUZZY INFERENCE SYSTEMS UNTUK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Diponegoro) ]
Preview
PDF (PERANCANGAN APLIKASI FUZZY INFERENCE SYSTEMS UNTUK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Diponegoro) ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penilaian kinerja pegawai merupakan aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia yang efektif. Hal ini dikarenakan melalui penilaian kinerja pegawai, sebuah organisasi/ instansi dapat mengetahui kondisi kerja dari para pegawainya. Dalam melakukan penilaian kinerja, tiap organisasi mempunyai cara dan sistem tersendiri untuk menilai para pegawainya. Akan tetapi, secara keseluruhan penilaian kinerja yang telah dilakukan selama ini penekanannya masih tertuju pada aspek tertentu saja, sedangkan aspek yang lain kurang diperhatikan. Oleh karena itu, penulis melalui penelitian ini mengusulkan sebuah metode penilaian kinerja berbasis fuzzy inference systems (FIS) dengan mengambil studi kasus di Perpustakaan Universitas Diponegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah sistem penilaian kinerja berbasis FIS untuk pegawai perpustakaan dan pustakawan. Adapun metode FIS yang dipakai adalah metode Sugeno orde 0 dengan variabel yang dipakai sebagai tolok ukur kinerja adalah produktivitas, profesionalitas, kedisiplinan, dan masa kerja. Keempat variabel ini bersama dengan FIS Sugeno orde 0 kemudian diterapkan kedalam sebuah aplikasi penilaian kinerja yang dibangun dengan menggunakan program ASP.Net. Berdasarkan hasil penilaian dan analisis yang telah dilakukan terhadap 50 pegawai, diperoleh skor kinerja pegawai tertinggi yaitu 90,89 oleh PGW(6) dan skor kinerja terendah adalah sebesar 80,77 yang diperoleh PGW(24). Dengan demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan, kinerja pegawai perpustakaan dan pustakawan mendapat predikat sangat bagus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy inference systems, pegawai perpustakaan, penilaian kinerja
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 10:58
Last Modified: 01 Feb 2016 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23252

Actions (login required)

View Item View Item