ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR


Yusuf Adhitya , 4101411153 (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR   ]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR ) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Peserta didik kelas VII SMP N 22 Semarang membuat kesalahan pada saat mengerjakan soal pemecahan masalah materi keliling dan luas daerah segiempat. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keberagaraman karakteristik siswa VII SMP N 22 Semarang. Salah satu karakteristik siswa tersebut adalah gaya belajar. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab hal tersebut terjadi adalah dengan menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis dan penyebab kesalahan peserta didik kelas VII SMP N 22 Semarang dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi keliling dan luas daerah segiempat ditinjau dari gaya belajar. Gaya belajar yang dimaksud adalah tipe visual, tipe auditorial, dan tipe kinestetik. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada kriteria dalam prosedur Newman yang terdiri dari reading, comprehension, transformation, process skill, dan encoding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 9 dari 30 peserta didik kelas VII G, masing-masing terdiri atas 3 peserta didik dari setiap jenis gaya belajar. Pengelompokkan didasarkan pada hasil angket dan hasil tes peserta yang kemudian ditentukan subjek yang melakukan kesalahan yang paling banyak. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal materi keliling dan luas daerah segiempat. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh simpulan, (1) siswa visual cenderung melakukan kesalahan transformation, 2) siswa auditorial cenderung melakukn kesalahan transformation dan process skill, dan (3) siswa kinestetik tidak memiliki kecenderungan pada salah satu jenis kesalahan. Pada umumya penyebab kesalahan baik yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik adalah kurang memahami materi prasyarat seperti perbandingan, aljabar, dan persamaan linear satu variabel. Solusi yang dapat dilakukan adalah 1) siswa visual memperbanyak membaca materi tersebut, 2) siswa auditorial melakukan kegiatan tutor sebaya, dan 3) siswa kinestetik menggunakan alat peraga. Selain itu guru juga sebaiknya menggunakan pembelajaran yang memacu penglihatan, pendengaran, dan aktivitas fisik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, Prosedur Newman, gaya belajar, visual, auditorial, kinestetik, segiempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2016 10:54
Last Modified: 01 Feb 2016 10:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23251

Actions (login required)

View Item View Item