KEEFEKTIFAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
Khoirunnisa’ , 4101411078 (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS )
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis adalah strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi PQ4R terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis. Strategi PQ4R dikatakan efektif jika hasil tes kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi PQ4R dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal klasikal 75% dan rata-rata kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi PQ4R lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Semarang kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII F yang diberikan pembelajaran dengan strategi PQ4R dan kelas VIII D yang diberikan pembelajaran dengan strategi pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode pengamatan, dan metode tes. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa secara klasikal diperoleh, . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi PQ4R secara klasikal sudah mencapai 75%. Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis diperoleh . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi PQ4R lebih tinggi dari siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi pembelajaran langsung. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kemampuan berpikir kritis matematis siswa secara klasikal diperoleh, . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa diberikan pembelajaran dengan strategi PQ4R klasikal sudah mencapai 75%. Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan ratarata kemampuan berpikir kritis matematis diperoleh . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi PQ4R lebih tinggi dari siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi PQ4R efektif terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi PQ4R, Komunikasi Matematis, Berpikir Kritis Matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Jan 2016 13:03 |
Last Modified: | 28 Jan 2016 13:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23243 |
Actions (login required)
View Item |