KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA TEMA TATA SURYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK


Siti Sopiah , 4001411013 (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA TEMA TATA SURYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN  MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA TEMA  TATA SURYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK ]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA TEMA TATA SURYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK ) - Published Version
Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefekifan media pembelajaran audio visual berbasis PBL pada tema tata surya terhadap pemahaman konsep dan dan sikap ilmiah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang tahun 2014/2015. Populasi bersifat normal dan homogen, sehingga pengambilan dua kelompok sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi-experimental design. Keefektifan penelitian ini dilihat dari perbedaan nilai pretest dan postest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan tes tertulis, lembar angket dan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 100%, sedangkan kelas kontrol 78%. Uji N-gain diperoleh nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi dan kontrol sebesar 0,56 dengan kriteria sedang. Analisis uji t signifikansi 5% menghasilkan thitung =0,52 dan ttabel =0,68 artinya pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Persentase sikap ilmiah kelas eksperimen rata-rata adalah 84,6% dengan kriteria sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata adalah 80,18 % dengan kriteria baik dan sangat baik. Analisis uji t signifikansi 5% diperoleh thitung = 0,39 dan ttabel = 0,68 artinya sikap ilmiah peserta pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil penilaian angket respon peserta didik kelas eksperimen sebesar 82,80% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis PBL efektif terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik pada tema tata surya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, PBL, Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 12:59
Last Modified: 28 Jan 2016 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23242

Actions (login required)

View Item View Item