APLIKASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM EKSTRAKURIKULER TARI MELALUI SENDRATARI RAMAYANA DAN MAHABHARATA DI SMA PGRI 2 KAYEN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI
Novi Nurvita Sari , 2501411020 (2015) APLIKASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM EKSTRAKURIKULER TARI MELALUI SENDRATARI RAMAYANA DAN MAHABHARATA DI SMA PGRI 2 KAYEN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (APLIKASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM EKSTRAKURIKULER TARI MELALUI SENDRATARI RAMAYANA DAN MAHABHARATA DI SMA PGRI 2 KAYEN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI )
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA PGRI 2 Kayen berbeda dengan sekolahsekolah lainnya karena setiap tahunnya menggelar pentas sendratari. Rasa ingin tahu dan daya kreatif setiap siswa berbeda. Mereka saling membantu dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMA PGRI 2 Kayen. Siswa yang memiliki kemampuan di atas siswa lainya, turut serta membantu guru mengajarkan kepada teman sebayanya sehingga proses pembelajaran dan pemanfaatan waktu bisa berjalan dengan baik. Permasalahan yang dikaji: (1) Bagaimana pelaksanaan metode tutor sebaya dalam ekstrakurikuler tari melalui sendratari Ramayana dan Mahabharata di SMA PGRI 2 Kayen, (2) Bagaimana strategi tutor dalam proses pembelajaran tutor sebaya dalam ekstrakurikuler tari melalui sendratari Ramayana dan Mahabharata di SMA PGRI 2 Kayen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan (1) Pelaksanaan metode tutor sebaya dalam ekstrakurikuler tari melalui sendratari Ramayana dan Mahabharata di SMA PGRI 2 Kayen (2) Strategi tutor dalam proses pembelajaran tutor sebaya dalam ekstrakurikuler tari melalui sendratari Ramayana dan Mahabharata di SMA PGRI 2 Kayen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan holistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dam verifikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dilaksanakan hari selasa setelah pulang sekolah pukul 14.00-16.00 WIB, pada setiap minggunya. Komponen pembelajaran ada guru, siswa, dan sekolah. Metode yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni tari di SMA PGRI 2 Kayen pada tahun 2005 sampai tahun 2010 adalah metode imitasi. Mulai tahun 2010, guru mengubah metode pembelajaran menjadi metode tutor sebaya dimana siswa yang sudah dianggap mampu menguasai materi, ditunjuk menjadi tutor untuk mengajarkan kepada teman sebayanya. Pemilihan tutor menggunakan 2 tahap, tahap pertama yaitu penyaringan bakat, siswa yang sudah mempunyai dasar tari ditunjuk menjadi tutor. Tahap kedua siswa yang sudah menjadi tutor ditempatkan pada kelompok-kelompok kecil. Strategi tutor dalam mengembangkan gerak dengan cara mengapresiasi video tari, mengeksplorasi gerak dan mengkreasikan gerak-gerak yang sudah ada. Ada dua macam evaluasi yang diterapkan pada proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMA PGRI 2 Kayen yaitu evaluasi harian dan evaluasi akhir semester. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dari penulis yaitu pelaksanaan metode tutor sebaya dalam ekstrakurikuler seni tari dilaksanakan sejak tahun 2010. Proses pelaksanaannya dimulai dari pemilihan materi, pemilihan tutor, strategi tutor, dan hasil dari ekstrakurikuler tersebut yang nantinya akan dipentaskan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya, Ekstrakurikuler Tari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Jan 2016 12:41 |
Last Modified: | 28 Jan 2016 12:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23239 |
Actions (login required)
View Item |