KESESUAIAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MATERI BAHASA JEPANG KELAS XI SMA NEGERI 1 PADANGAN


Annisaa Al Khoiruna , 2302411008 (2015) KESESUAIAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MATERI BAHASA JEPANG KELAS XI SMA NEGERI 1 PADANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESESUAIAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN  MATERI BAHASA JEPANG KELAS XI SMA NEGERI 1  PADANGAN ]
Preview
PDF (KESESUAIAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MATERI BAHASA JEPANG KELAS XI SMA NEGERI 1 PADANGAN ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai karena merupakan alat bantu dalam penyampaian materi, namun penggunaan media juga harus diperhatikan dengan materi yang akan diajarkan. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan dengan wawancara kepada siswa dan guru bahasa Jepang, ditemukan masalah bahwa masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi, salah satu penyebabnya yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang jelas, karena guru sering menggunakan media power point dalam menyampaikan setiap materi. Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah (i) media pembelajaran apa saja yang digunakan dalam penyampaian materi bahasa Jepang kelas XI SMA Negeri 1 Padangan (ii) apakah penggunaan media tersebut sesuai dengan materi. Tujuan penelitian ini untuk (i) mendeskripsikan media yang digunakan dalam penyampaian materi bahasa Jepang kelas XI SMA Negeri 1 Padangan(ii) mendeskripsikan kesesuaian penggunaan media dengan materi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Variabel penelitian ini adalah kesesuaian media pembelajaran dengan materi bahasa Jepang kelas XI SMA Negeri 1 Padangan. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 4 materi yaitu bab 2, bab 3, bab 4 dan bab 5, media pembelajaran yang digunakan pada 3 materi sudah sesuai tetapi media pembelajaran yang digunakan pada 1 materi terakhir belum sesuai. Media yang digunakan adalah kartu gambar, kaset/CD, power point dan benda nyata di sekitar lingkungan. Media pembelajaran kartu gambar, power point, kaset yang digunakan pada pembelajaran materi bab2かいてください(Kaite kudasai) sudah sesuai dengan materi. Media pembelajaran kartu gambar dan power point yang digunakan pada materi bab 3 わたしは BENO です(Watashi wa Beno desu) sudah sesuai dengan materi. Media pembelajaran kartu gambar dan power point yang digunakan pada materi bab 4 でんわばんごう(Denwa bangou) sudah sesuai dengan materi. Media pembelajaran power point dan benda nyata di lingkungan sekitar yang digunakan pada materi bab5 これはわたしのかさです(Kore wa watashi no kasa desu) kurang sesuai dengan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Media Pembelajaran, Materi bahasa Jepang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 12:33
Last Modified: 28 Jan 2016 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23238

Actions (login required)

View Item View Item