PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN TEKNIK TEBAK KATA DAN PARAFRASE TERHADAP IKLAN DI RADIO PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL

Meike Perantauwaty , 2102408056 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN TEKNIK TEBAK KATA DAN PARAFRASE TERHADAP IKLAN DI RADIO PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN TEKNIK TEBAK KATA DAN PARAFRASE TERHADAP IKLAN DI RADIO PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL ) - Published Version
Download (3489Kb)

    Abstract

    Keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Sukorejo masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Nilai rata-rata siswa 68,59 sedangkan KKM-nya 70. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari siswa, guru, atau teknik pembelajaran yang digunakan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab yaitu siswa masih kesulitan menentukan topik atau tema yang akan ditulis. Karena itu diperlukan upaya mengatasinya. Hal inilah yang mendorong dilakukannya penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik tebak kata dan parafase terhadap iklan di radio untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan teknik tebak kata dan parafase terhadap iklan di radio, (2) bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku pada siswa VIIB SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan teknik tebak kata dan parafase terhadap iklan di radio. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan nontes. Data tes berupa hasil pekerjaan siswa menulis karangan narasi, sedangkan data nontes diperoleh dari hasil observasi, lembar jurnal, wawancara,dan dokumentasi pada tiap siklus. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisismenggunakan teknik analisis kuantitatif untuk data tes dan kualitatif untuk data nontes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Sukorejo. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik tebak kata dan parafase terhadap iklan di radio. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes yang diperoleh pada prasiklus sebesar 68,59 (kategori kurang), meningkata pada siklus I yang menunjukkan nilai 69,98 (kategori kurang), dan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 1,85%. Nilai rata-rata pada siklus II sebesar 79,00 (kategori cukup). Berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan sebesar 13,33% dari siklus I. Melalui hasil tes dapat disimpulkan bahwa tenik parafrase dan tebak kata terhadap iklan di radio dapat meningkatkan katerampilan siswa dalam menulis ix karangan narasi sebesar 15,17% dari hasil prasiklus. Berdasarkan hasil nontes dapat diketahui adanya perubahan tingkah laku siswa kearah yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya jumlah siswa yang berperilaku negative seperti bermalas-malasan, tidak mendengarkan materi dengan baik, mengantuk, dan mengganggu teman lain. Saran penelitian ini yaitu guru diharapkan lebih kreatif dalam menggunakan dan mengembangkan teknik tebak kata dan parafase terhadap iklan di radio dan teknik-teknik pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Adapun siswa disarankan untuk terus berlatih menulis menggunakan teknik tebak kata dan parafase terhadap iklan di radio agar keterampilan menulisnnya semakin berkembang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, narasi, teknik tebak kata, teknik parafase, iklan radio
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Jan 2016 07:25
    Last Modified: 28 Jan 2016 07:25

    Actions (login required)

    View Item