PENGEMBANGAN DIKTAT PRAKTIKUM BERPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA


Wiwik Kartika Sari , 4301411044 (2015) PENGEMBANGAN DIKTAT PRAKTIKUM BERPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411044.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI SMA rendah adalah sekolah hanya menggunakan satu buku kimia. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan diktat praktikum berpendekatan PBL untuk meningkatkan hasil belajar dalam materi larutan penyangga. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) serta desain pengembangan yang digunakan 3D yaitu define, design dan develop. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kelayakan diktat praktikum berpendekatan PBL, hasil belajar siswa, serta respon siswa dan guru yang dianalisis secara deskriptif. Secara kuantitatif data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu.. Hasil penelitian menunjukkan diktat praktikum berpendekatan PBL yang dikembangkan sangat layak dengan persentase rata-rata 91,9%. Diktat praktikum dinyatakan efektif karena ketuntasan klasikal siswa mencapai 100% dengan N-gain sebesar 0,78 (tinggi) serta aspek sikap dan keterampilan menunjukkan hasil sangat baik. Selain itu data angket menunjukan bahwa diktat praktikum mendapatkan respon yang baik dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa diktat praktikum layak, mendapat respon positif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diktat Praktikum, PBL, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2016 11:32
Last Modified: 28 Jan 2016 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23228

Actions (login required)

View Item View Item