PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP CAPAIAN KOMPETENSI TERKAIT HIDROKARBON KELAS X


Insindra Krisnha Premiawan , 4301410058 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP CAPAIAN KOMPETENSI TERKAIT HIDROKARBON KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP CAPAIAN KOMPETENSI TERKAIT HIDROKARBON KELAS X ]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP CAPAIAN KOMPETENSI TERKAIT HIDROKARBON KELAS X ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif inside outside circle berbasis problem solving terhadap capaian kompetensi terkait hidrokarbon.Model pembelajaran kooperatif inside outside circle berbasis problem solving merupakan model yang dapat membuat siswa berpikir aktif dalam menemukan jawaban dari suatu permasalahan dan melatih siswa untuk berinteraksi sosial.Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment.Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest design dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil analisis tahap akhir diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 78 dengan 29 dari 33 siswa tuntas dan kelas kontrol memiliki rata-rata 73 dengan 23 dari 33 siswa tuntas. Penerapan model pembelajaran kooperatif inside outside circle berbasis problem solving pada kelas eksperimen memperoleh angka korelasi sebesar 0,4 dan koefisien determinasi sebesar 15%. Jadi berdasarkan hasil analisis tahap akhir membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif inside outside circle berbasis problem solving terhadap capaian kompetensi terkait hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hidrokarbon; kooperatif; inside outside circle; problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 11:09
Last Modified: 28 Jan 2016 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item