KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI

Istirita Yuniastuti , 4101410110 (2014) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI ) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting dalam pembelajaran. pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika di Indonesia masih rendah. Hal ini dikarenakan penggunakan model pembelajaran yang kurang tepat. Beberapa cara untuk meningkatnya adalah dengan pendekatan NHT berbantuan Mouse Mischief. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran NHT berbantuan Mouse Mischief terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII materi geometri. Penelitian eksperimen ini mengambil dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendal tahun ajaran 2013/ 2014. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan NHT berbantuan Mouse Mischief dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran NHT berbantuan Mouse Mischief sedangkan variabel terikatnya adalah pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji perbedaan rata-rata untuk menguji hipotesis penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan pendekatan dengan NHT berbantuan Mouse Mischief telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan pendekatan NHT berbantuan Mouse Mischief lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan pendekatan dengan pembelajaran ekspositori. Peneliti menyarankan bahwa pendekatan model pembelajaran NHT berbantuan Mouse Mischief tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Numbered Heads Together, Mouse Mischief
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Jan 2016 06:01
    Last Modified: 28 Jan 2016 06:01

    Actions (login required)

    View Item