KEEFEKTIFAN MODEL TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI


Yuli Mulyana , 4101410094 (2014) KEEFEKTIFAN MODEL TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI ]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI ) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelas yang dikenai pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga, pembelajaran model Treffinger dan pembelajaran ekspositori dapat mencapai ketuntasan pada aspek kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan materi geometri, perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga, pembelajaran model Treffinger, dan pembelajaran ekspositori pada materi geometri, serta untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis mana yang lebih baik antara kemampuan berpikir kreatif matematis yang dikenai pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga, pembelajaran model Treffinger, dan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih ada tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, uji kesamaan tiga rata-rata dan uji lanjut. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kelas yang dikenai pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga, pembelajaran model Treffinger, dan pembelajaran ekspositori mencapai ketuntasan. Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga lebih dari kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran model Treffinger dan pembelajaran ekspositori, kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran model Treffinger lebih dari kemampuan berpikir kreatif matematis yang dikenai pembelajaran ekspositori. Persentase keaktifan peserta didik yang dikenai pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga lebih dari persentase keaktifan peserta didik yang dikenai pembelajaran model Treffinger. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga dan pembelajaran model Treffinger mencapai kriteria sangat baik. Disarankan agar pembelajaran model Treffinger berbantuan alat peraga diterapkan dalam pembelajaran karena model tersebut memiliki titik tekan mengembangkan partisipasi aktif peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model Treffinger; alat peraga; kemampuan berpikir kreatif matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:57
Last Modified: 28 Jan 2016 10:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23221

Actions (login required)

View Item View Item