CIRC Berbasis Inquiry pada Siswa Kelas VII dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika


M. Afif Mukhlisin , 4101410092 (2014) CIRC Berbasis Inquiry pada Siswa Kelas VII dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of CIRC Berbasis Inquiry pada Siswa Kelas VII dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika ]
Preview
PDF (CIRC Berbasis Inquiry pada Siswa Kelas VII dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah sebagai kegiatan inti dalam pembelajaran matematika masih belum menunjukkan keberhasilan pencapaian hasil belajar yang signifikan. Terbukti masih banyak siswa yang belum mencapai KKM pada berbagai tes pada mata pelajaran matematika khususnya pada kasus soal cerita matematika. Ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu dengan menentukan strategi, pendekatan, maupun model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang tepat digunakan adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Penerapan model CIRC akan lebih bermakna apabila disertai penerapan pembelajaran berbasis inquiry dikarenakan melalui pembelajaran berbasis inquiry siswa akan memperoleh pengetahuan dari hasil penggalian informasi melalui diri sendiri. Uraian di atas memotivasi peneliti untuk menerapkan CIRC berbasis inquiry pada siswa kelas VII dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan pembelajaran CIRC berbasis inquiry mencapai ketuntasan klasikal; (2) Apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan CIRC berbasis inquiry lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa dengan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Semarang. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, terpilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji proporsi. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika pada kedua kelas sampel, disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan pembelajaran CIRC berbasis inquiry mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan CIRC berbasis inquiry lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa dengan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIRC, Inquiry, dan kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:54
Last Modified: 28 Jan 2016 10:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23220

Actions (login required)

View Item View Item