PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PBL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER MATERI SEGIEMPAT


Paramita Ayu Mustikawati , 4101410075 (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PBL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PBL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER MATERI SEGIEMPAT ]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PBL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER MATERI SEGIEMPAT ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dan karakter rasa ingin tahu peserta didik kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang masih rendah, untuk itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peserta didik. Pendekatan saintifik dengan model PBL dimulai dari pemberian masalah sesuai dunia nyata sehingga peserta didik aktif mengkonstruk pengetahuannya serta dapat meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan saintifik dengan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peserta didik kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan penerapan pendekatan saintifik dengan model PBL dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, nontes atau angket dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis serta lembar observasi kualitas pembelajaran dan aktivitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata pada kelas eksperimen, uji perbedaan dua rata-rata, uji proporsi pada kelas eksperimen, uji perbedaan dua proporsi, uji gain ternormalisasi, dan analisis regresi. Hasil analisis data akhir diperoleh: (1) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen mencapai KKM individual; (2) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen mencapai KKM klasikal; (4) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen yang mencapai KKM lebih baik daripada kelas kontrol; (5) penerapan pendekatan saintifik dengan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah; (6) penerapan penerapan pendekatan saintifik dengan model PBL dapat meningkatkan karakter; dan (7) terdapat pengaruh positif antara aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peserta didik pada materi segiempat. Bagi peneliti lain yang tertarik menggunakan penerapan pendekatan saintifik dengan model PBL disarankan untuk dapat mengatur waktu agar dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah, Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:49
Last Modified: 28 Jan 2016 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23219

Actions (login required)

View Item View Item