KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGITTW BERBANTUANGEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI SEGITIGA
Gias Atikasari , 4101410060 (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGITTW BERBANTUANGEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI SEGITIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGITTW BERBANTUANGEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI SEGITIGA )
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil PISA diperoleh diperoleh fakta bahwakemampuan matematik siswa hanya berkutat di level 1, level 2, dan level 3. Sedangkan kemampuan matematik pada level 4, level 5, dan level 6 masih sangat rendah. Untuk menyelesaikan soal level 4, level 5, dan level 6, dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Hal tersebut menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih redah. Berdasarkan pengamatan selama PPL dan berdasarkan wawancara dengan salah satu guru matematika di MTs Negeri Kendal diperoleh informasi bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis masih rendah serta siswa masih kesulitan dalam mempelajari materi segitiga. Model pembelajara yang sering digunakan guru matematika di MTs Negeri Kendal adalah model pembelajaran ekspositori. Selama pembelajaran menggunakan ekspositori kemampuan berpikir kreatif siswa belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write berbantuan GeoGebraterhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII materi segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttes-Only Control Design yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII MTs Negeri Kendal. Teknik pengambilan sampel digunakan cluster random sampling. Kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan pemberian tes kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) berbantuan GeoGebra dapat mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII pada materi segitiga efektif. Saran yang dapat disumbangkan berkaitan dengan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write berbantuan GeoGebra dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kreatif, kooperatif, TTW, GeoGebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Jan 2016 10:42 |
Last Modified: | 28 Jan 2016 10:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23217 |
Actions (login required)
View Item |