KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN PAIRS CHECK


Muhammad Ardian Syah , 4101410058 (2014) KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN PAIRS CHECK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN PAIRS CHECK ]
Preview
PDF (KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN PAIRS CHECK ) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang mucul pada pembelajaran matematika di SMA N 4 Magelang tahun pelajaran 2011/2012 adalah rendahnya daya serap untuk menyelesaikan persamaan trigonometri.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran MMP dan Pairs Check. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi trigonometri dengan model pembelajaran MMPdanPairs Check mencapai ketuntasan belajar dan (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi trigonometri antara model pembelajaran MMP, Pairs Check, dan Direct Instruction. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 4 Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan cluster random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas X-6, X-7, dan X-5 sebagai kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes untuk menentukan kemampuan pemecahan masalah yang dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji ANAVA satu arah dilanjutkan uji post hoc Tukeyyang dihitung dengan software SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1 dan 2 telah mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan belajar individual dan klasikal dan terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1 dan 2 tidak berbeda tetapi lebih baik dari kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah (1) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran MMP dan Pairs Check mencapai ketuntasan belajar dan (2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi trigonometri antara model pembelajaran MMP, Pairs Check, dan Direct Instruction. Kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran MMP dan Pairs Check tidak berbeda tetapi lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Trigonometri, MMP, Pairs Check
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:38
Last Modified: 28 Jan 2016 10:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item View Item