KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSAETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Endang Nurliastuti , 4101410031 (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSAETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSAETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA ) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Kemampuan pemecahan masalah bagi siswa merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa adalah model Problem Based Learningbernuansa etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model Problem Based Learning(PBL) bernuansa etnomatematikaterhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; perbedaanratarata kemampuan pemecahan masalah siswapada pembelajaran menggunakan modelPBL bernuansa etnomatematikadan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswapada pembelajaran menggunakanmodel CTL; perbedaan sikap siswa terhadap budaya antara sebelum dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model PBL bernuansa etnomatematika; pengaruh aktivitas siswa dan sikap terhadap budaya secara bersama terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling. Kelas VIIIF terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelasVIII E sebagai kelas kontrol.Desain penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan Posttest-Only Control Design.Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, dan kuisenair. Data dianalisis menggunakan uji proporsi,independent sample t-test, paired samples t-test, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan model PBL bernuansaetnomatematika dan kelas kontrol yang diberi perlakuan modelCTL telah mencapai ketuntasan.Kelas eksperimen memiliki ratarata kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dari kelas kontrol. Sikap siswa terhadap budaya setelah mendapat pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika lebih baik daripadasikap siswa terhadap budaya sebelum mendapat pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika. Aktivitas siswa dan sikap siswa terhadap budaya secara bersama mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa dengan besar pengaruh 57,3%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL bernuansaetnomatematika efektif lebih baik daripada penerapan model CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi garis singgung lingkaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keefektifan,kemampuan pemecahan masalah, Problem Based Leaning, etnomatematika
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Jan 2016 05:28
    Last Modified: 28 Jan 2016 05:28

    Actions (login required)

    View Item