KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CPS BERBASIS HOA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI SEGIEMPAT


Ida Yuniar Tryastuti , 4101410024 (2014) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CPS BERBASIS HOA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CPS BERBASIS HOA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS  PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI SEGIEMPAT ]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CPS BERBASIS HOA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI SEGIEMPAT ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir logis dan reflektis yang terfokus pada memutuskan apa yang akan dipercaya maupun dilakukan. Pembelajaran matematika yang saat ini dilakukan kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sehingga belum mencapai hasil yang maksimal. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CPS berbasis HOA merupakan salah satu alternatif yang berpotensi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CPS berbasis HOA dan kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan bentuk posttest only control design. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data hasil penelitian tersebut selanjutnya dianalisis untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen mencapai nilai . Berdasarkan hasil uji rata-rata pihak kanan diperoleh bahwa kelas eksperimen mencapai KKM individual. Hasil uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan berpikr kritis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji regresi juga diperoleh bahwa ada hubungan positif antara aktivitas peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS berbasis HOA efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada materi segiempat. Peneliti menyarankan bahwa model pembelajaran CPS berbasis HOA dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Hands on Activity (HOA), Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:20
Last Modified: 28 Jan 2016 10:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item