KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL COGNITIVE GROWTH BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI


Nindya Ayu Saputri , 4101410022 (2014) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL COGNITIVE GROWTH BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL COGNITIVE GROWTH BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI ]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL COGNITIVE GROWTH BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Tujuan tersebut dapat dipenuhi melalui pembelajaran yang efektif. Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, adalah menggunakan model pembelajaran. Terdapat pembelajaran cognitive growth berbantuan LKS yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap confrontation with stage-relevant stage, dilanjutkan dengan tahap inquiry, kemudian tahap transfer. Melalui pembelajaran tersebut, kemampuan pemecahan masalah siswa diharapkan dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah mendapatkan pembelajaran model cognitive growth berbantuan LKS lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum mendapatkan pembelajaran model cognitive growth berbantuan LKS, untuk mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran cognitive growth berbantuan LKS lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung, untuk mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran cognitive growth berbantuan LKS dapat mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah, dan untuk mengetahui bahwa persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran cognitive growth berbantuan LKS lebih dari atau sama dengan 75%. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Buluspesantren tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 256 siswa yang terbagi dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih dua kelas sebagai sampel, yaitu kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran cognitive growth berbantuan LKS dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian diperoleh dengan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelompok eksperimen sebesar 74,08 dan kelompok kontrol sebesar 70,59. Dari hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan t-test dengan α= 5%, diperoleh thitung = 3,209 > ttabel = 1,671, sehingga Ha: diterima. Hal tersebut berarti rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada ratarata posttest pada kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cognitive growth berbantuan LKS efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi transformasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cognitive growth, keefektifan, kemampuan pemecahan masalah, LKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:17
Last Modified: 28 Jan 2016 10:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23210

Actions (login required)

View Item View Item