PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN METODE BAGIAN REPETITIF MELALUI MEDIA VIDEO CD DAN METODE BAGIAN PROGRESIF TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIKAJAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009 KABUPATEN WONOSOBO


GUNAWAN ARIF KRISTANTO , 6101404004 (2009) PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN METODE BAGIAN REPETITIF MELALUI MEDIA VIDEO CD DAN METODE BAGIAN PROGRESIF TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIKAJAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009 KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN METODE BAGIAN REPETITIF MELALUI MEDIA VIDEO CD DAN METODE BAGIAN PROGRESIF TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIKAJAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009 KABUPATEN WONOSOBO]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN METODE BAGIAN REPETITIF MELALUI MEDIA VIDEO CD DAN METODE BAGIAN PROGRESIF TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIKAJAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009 KABUPATEN WONOSOBO) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah, apakah ada perbedaan hasil belajar lompat jauh antara yang diajar menggunakan pembelajaran dengan metode bagian repetitif (melalui media Video CD) dan metode bagian progresif. Manakah yang lebih baik hasil belajar lompat jauh yang diajarkan pada siswa putra kelas VII SMP N 3 Kalikajar.Tujuan peneliti untuk mengetahui perbedaan metode mengajar antara metode mengajar bagian Repetitif (melalui media Video CD) dan metode mengajar bagian Progresif. Untuk mengetahui yang lebih baik antara metode-metode mengajar menggunakan Pembelajaran pada siswa putra kelas VII SMP N 3 Kalikajar Menambah informasi bagi dunia pendidikan pada umumnya dan pendidikan penjas.Memberi gambaran, dorongan dan motivasi kepada guru dalam memilih metode pembelajaran yang cocok dengan bahan yang diajarkan, dalam mengajar lompat jauh Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis statistik dengan pola M - S (Matching by Subjects) dengan rumus t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalikajar berjumlah 100 orang. Keseluruhan individu tersebut paling sedikit memiliki sifat yang sama. Mereka sama-sama dalam satu sekolahan. Mereka sama-sama kelas VII SMP. Mereka mempunyai jenis kelamin yang sama Peneliti mengambil sampel 50, dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling, yang kemudian di-macht atau dipasangkan dengan menggunakan teknik AB-BA, sehingga A kelompok eksperimen sedangkan B kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode bagian repetitif (melalui media Video CD) dalam meningkatkan keterampilan lompat jauh siswa.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai thitung = 0,17 Hasil ini lebih besar dari nilai tabel = 2,01 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) 24, di ketahui hasil mean dari kelompokeksperimen: Mke = 365,44 > Mkk = 356,00. hasil penelitian ini, Diketahui mean dari kelompok eksperimen ternyata lebih besar dibandingkan dengan mean kelompok kontrol,hasil penelitian memberikan pengajaran atau latihan lompat jauh gaya jongkok menggunakan metode bagian repetitif melalui media video CD lebih baik dibanding mengajar lompat jauh gaya jongkok menggunakan metode bagian progresif. Bagi pengajar maka disarankan alangkah baiknya jika metode ini dapat digunakan secara umum oleh guru-guru mata pelajaran olahraga sebagai suatu alternatif motode pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar lompat jauh yang sebaik-baiknya, khususnya nomor lompat jauh gaya jongkok, sebaiknya menggunakan metode repetitif melalui media video CD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, lompat jauh
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 May 2011 02:11
Last Modified: 25 Apr 2015 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item