PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM BASA


Hikmatun Nurul Khotim , 4301411030 (2015) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411030.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan modul kimia berbasis masalah pada materi asam basa. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) model 4D, tetapi langkah penelitian yang dilakukan hanya sampai 3D yaitu Define, Design, dan Develope. Hasil penilaian pakar terhadap modul kimia berbasis masalah memperoleh kriteria sangat layak dengan penilaian pakar materi sebesar 3,82, pakar bahasa sebesar 3,69, dan pakar penyajian sebesar 3,9. Hasil angket tanggapan siswa pada uji coba skala kecil memperoleh rata-rata presentase 87,5% dengan kriteria sangat baik dan uji coba skala besar memperoleh presentase skor mencapai 93,6% dengan kriteria sangat baik pula. Untuk mengetahui keefektifan modul yang dikembangkan dilakukan uji coba lapangan di SMA Negeri 8 Semarang pada kelas XI IPA 5. Keefektifan modul kimia berbasis masalah dilihat dari hasil pretest dan posttest siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus N-gain dan diperoleh peningkatan sebesar 0,41 dalam kriteria sedang. Sedangkan berdasarkan ketuntasan pemahaman konsep siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 92,86%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa modul kimia berbasis masalah pada materi asam basa yang dikembangkan layak dan efektif meningkatkan pemahaman konsep pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbasis masalah; modul kimia; pengembangan.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:10
Last Modified: 28 Jan 2016 10:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23207

Actions (login required)

View Item View Item