KESIAPAN LABORATORIUM KIMIA DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE KABUPATEN JEPARA


Kibtiyah Sri Rahayu, 4301411017 (2015) KESIAPAN LABORATORIUM KIMIA DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411017.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Laboratorium merupakan salah satu tempat penunjang dalam proses belajar yang sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman nyata pada peserta didik sebagai salah satu faktor pendukung pembelajaran kimia. Berdasarkan hasil observasi awal yang sudah dilakukan peneliti pada bulan Januari tahun 2015 ternyata tidak semua memanfaatkan laboratorium kimia secara maksimal dalam proses pembelajaran. Laboratorium yang baik perlu disediakan sehingga pembelajaran yang memerlukan laboratorium dalam kurikulum 2013 ini dapat berjalan dengan optimal. Permasalahan yang diteliti yaitu apakah laboratorium kimia di SMA Negeri se-kabupaten Jepara siap dalam mendukung pelaksanaan kurikulum 2013. Penelitian tentang analisis kesiapan laboratorium kimia ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan laboratorium kimia di SMA Negeri se-kabupaten Jepara dalam mendukung pelaksanaan kurikulum 2013. Subyek dalam penelitian ini meliputi seluruh SMA Negeri di Kabupaten Jepara yang pada tahun ajaran 2014/ 2015 menggunakan kurikulum 2013, yaitu SMA N 1 Pecangaan (S-01), SMA N 1 Tahunan (S-02), SMA N 1 Jepara (S-03) dan SMA N 1 Bangsri (S-04). Fokus penelitian ini adalah kesiapan laboratorium kimia dengan indikator kesiapan laboratoriun yang meliputi: desain ruang, administrasi, pengelolaan penyelengaraan serta kelengkapan alat dan bahan praktikum. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada sekolah 01-04 menunjukkan bahwa tiga sekolah dalam kategori siap dan satu sekolah dalam kategori kurang siap dengan persentase kesiapan laboratorium masing-masing sebesar 61,08%; 62,92%; 78,38% dan 64,91%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, laboratorium, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:09
Last Modified: 28 Jan 2016 10:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23206

Actions (login required)

View Item View Item