UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS X.1 SMA TEUKU UMAR SEMARANG MELALUI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERVISI SETS
Nurul Muslimah , 4301410068 (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS X.1 SMA TEUKU UMAR SEMARANG MELALUI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERVISI SETS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa kelas X.1 SMA Teuku Umar Semarang melalui pembelajaran Multiple Intelligences bervisi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun perlakuan yang diberikan adalah melakukan diagnosis Multiple Intelligences yang dimiliki oleh siswa, kemudian menyusun rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan Multiple Intelligences yang dimiliki oleh siswa. Penghitungan motivasi belajar siswa dilakukan sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomorik pada siklus pertama memberikan rata-rata 29, 71, dan 52. Hasil belajar pada siklus kedua memberikan hasil rata-rata 37, 75, dan 76 untuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sedangkan siklus ketiga memberikan hasil rata-rata 65, 79, dan 78 untuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil pengukuran motivasi siswa sebelum pembelajaran memberikan rata-rata 86 dengan kategori motivasi sedang dan setelah pembelajaran memberikan rata-rata 95 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Multiple Intelligences bervisi SETS meningkatkan hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, hasil belajar psikomotorik, dan motivasi belajar siswa yang dinyatakan dengan harga Normalized Gain Score berturut-turut 0,5, 0,3, 0,53, dan 0,6 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multiple Intelligences, Visi SETS, Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 11:45 |
Last Modified: | 27 Jan 2016 11:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23201 |
Actions (login required)
View Item |