“Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen”.


Dyah Tri Widarti, 3352405528 (2011) “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen”.]
Preview
PDF (“Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen”.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja pemasaran dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah orientasi pasar dan inovasi produk. Keduanya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk pada sentra industri pembuatan tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran baik secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi sekaligus sampel adalah pengusaha tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen yang berjumlah 38 orang dengan teknik pengambilan sampling dilakukan secara sensus atau total sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: variabel bebas yaitu orientasi pasar (X1) dan inovasi produk (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja pemasaran (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi dan regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 5,106 + 0,389 X1 + 1,120 X2 untuk variabel orientasi pasar (X1) diperoleh nilai t hitung 3.295 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga H1 yang menyatakan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran diterima. Variabel inovasi produk (X2) diperoleh t hitung 5.913 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga H2 yang menyatakan inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran diterima. Secara simultan menunjukkan Fhitung = 22.091 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga H3 yang menyatakan ada pengaruh positif orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan variabel orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri pembuatan tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pengusaha tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen hendaknya senantiasa memperhatikan dan meningkatkan orientasi pasar dan inovasi produk agar kinerja pemasaran pada sentra industri pembuatan tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Mar 2011 09:44
Last Modified: 25 Apr 2015 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item