EVALUASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBIMBINGAN ONLINE UNTUK PERWALIAN MAHASISWA JURUSAN KURTEKDIK, FIP, UNNES

MOHAMMAD TRI RIZKI, 1102409037 (2015) EVALUASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBIMBINGAN ONLINE UNTUK PERWALIAN MAHASISWA JURUSAN KURTEKDIK, FIP, UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBIMBINGAN ONLINE UNTUK PERWALIAN MAHASISWA JURUSAN KURTEKDIK, FIP, UNNES) - Published Version
Download (1089Kb)

    Abstract

    Bimbingan di perguruan tinggi merupakan usaha membantu mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mengatasi masalah-masalah akademik serta masalah sosial-pribadi yang berpengaruh terhadap perkembangan akademik mereka. Universitas Negeri Semarang mengembangkan aplikasi bantu untuk mengarsipkan dan melacak riwayat bimbingan mahasiswa dengan nama Sistem Informasi Bimbingan Mahasiswa (SIBIMA). Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui efektivitas SIBIMA untuk perwalian mahasiswa Jurusan TP, FIP Unnes, dan (2) Untuk evaluasi terhadap efektivitas SIBIMA untuk perwalian mahasiswa Jurusan Kurtekdik, FIP Unnes. Jenis penelitian yang jika dilihat dari tujuan penelitian, maka penelitian ini merupakan penelitian dasar. Menurut data yang dikumpulkan jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data merupakan angka. Dilihat dari jumlah kasus yang diteliti maka penelitian ini termasuk pada penelitian survey karena mengambil sampel dari keseluruhan populasi untuk data yang diambil dari mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh antara penggunaan SIBIMA terhadap niat perilaku untuk menggunakan SIBIMA. Berdasarkan hasil uji statistik t ini terlihat bahwa variabel kegunaan SIBIMA merupakan penjelas bagi variabel independen yaitu efektivitas pembimbingan online menggunakan SIBIMA. Variabel kemudahan untuk menggunakan SIBIMA menunjukkan siginifikansi di bawah 0.05, yaitu 0.000 ini berarti H1 yang berbunyi kegunaan SIBIMA mempengaruhi efektivitas penggunaan SIBIMA untuk pembimbingan online di kalangan mahasiswa Jurusan Kurtekdik dapat diterima. Variabel kemudahan menggunakan SIBIMA merupakan penjelas bagi variabel independen yaitu efektivitas pembimbingan online menggunakan SIBIMA. Variabel kemudahan untuk menggunakan SIBIMA menunjukkan siginifikansi di bawah 0.05, yaitu 0.000 ini berarti H2 yang berbunyi Kemudahan menggunakan SIBIMA mempengaruhi efektivitas penggunaan SIBIMA untuk pembimbingan online di kalangan mahasiswa Jurusan Kurtekdik dapat diterima. Disarankan kepada Tim Pengembang IT Unnes untuk menambahkan fitur layanan di dalam SIBIMA untuk meningkatkan intensitas mahasiswa dalam menggunakan SIBIMA. SIBIMA perlu fitur layanan tambahan seperti fitur video call atau teleconference.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembimbingan On Line, SIBIMA
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 26 Jan 2016 13:34
    Last Modified: 26 Jan 2016 13:34

    Actions (login required)

    View Item