PERBEDAAN LATIHAN PASSING WALL PASS DANPASSING BERPASANGAN TERHADAP KELINCAHAN PASS AND TURN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA (studi eksperimen pada SSB Pelangi Ungaran U13-U15 Tahun 2015)


M Syahrul Faizal S , 6301411051 (2015) PERBEDAAN LATIHAN PASSING WALL PASS DANPASSING BERPASANGAN TERHADAP KELINCAHAN PASS AND TURN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA (studi eksperimen pada SSB Pelangi Ungaran U13-U15 Tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN LATIHAN PASSING WALL PASS DAN PASSING BERPASANGAN TERHADAP KELINCAHAN PASS AND TURN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA (studi eksperimen pada SSB Pelangi Ungaran U13-U15 Tahun 2015)]
Preview
PDF (PERBEDAAN LATIHAN PASSING WALL PASS DAN PASSING BERPASANGAN TERHADAP KELINCAHAN PASS AND TURN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA (studi eksperimen pada SSB Pelangi Ungaran U13-U15 Tahun 2015)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh latihan Passing Wall Pass terhadap Kelincahan Pass and turn pada pemain SSB Ungaran U13 – U15 Tahun 2015?, 2) Apakah ada pengaruh latihan Passing Berpasangan terhadap Kelincahan Pass and turn pada pemain SSB Ungaran U13 – U15 Tahun 2015?, dan 3) Manakah yang lebih baik antara latihan Passing Wall Pass dan Passing Berpasangan terhadap Kelincahan Pass and turn pada pemain SSB Ungaran U13 – U15 Tahun 2015?. Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S. Data diambil melalui pre test dan post tes. Populasi menggunakan siswa SSB PELANGI Ungaran yang berjumlah 66 siswa dan sampel sebanyak 20 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah latihan Passing Wall Pass dan latihan Passing Berpasangan, serta variabel terikat adalah Kelincahan Pass and turn. Hasil penelitian : 1) Pada kelompok eksperimen I nilai thitung = 7.94 > ttabel = 2,262 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan,2) Pada kelompok eksperimen II nilai thitung = 7,301 > ttabel = 2,262 ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara latihan passing wall pass dan latihan passing berpasangan walaupun rata-rata hasil akhir dari latihan passing wall pass lebih unggul. Simpulan : 1) ada pengaruh yang signifikan pada latihan passing wall pass terhadap kelincahan pass and turn 2) ada pengaruh yang signifikan pada latihan passing berpasangan terhadap peningkatan Kelincahan pass and turn, 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil akhir latihan antara latihan passing wall pass dan passing berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan : 1) Bagi pelatih, sebaiknya untuk meningkatkan meningkatkan kelincahan pass and turn pelatih memilih metode latihan Wall pass mengingat ini baik untuk pergerakan pemain paska mengumpan bola, 2) Namun dalam rangka meningkatkan kerjasama antar pemain, pelatih sesekali mengganti latihan metode wall pass dengan passing berpasangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Passing Wall Pass, Passing Berpasangan, Kelincahan Pass and turn.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 16:17
Last Modified: 26 Jan 2016 16:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23194

Actions (login required)

View Item View Item