PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN FOOTBALL SHEEP DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2015
Novian Danang , 6101411214 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN FOOTBALL SHEEP DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN FOOTBALL SHEEP DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2015)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran penjas yang sudah berjalan cukup baik akan tetapi masih perlu pengembangan model pembelajaran yang baru. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana menghasilkan pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui permainan football sheep pada siswa kelas 7 SMP N 1 Banjarnegara tahun ajaran 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model permainan yaitu model permainan “football sheep” dalam proses pembelajaran sepakbola pada siswa kelas 7 SMP N 1 Banjarnegara tahun 2015. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yaitu : (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran , serta uji coba skala kecil dengan menggunakan kuesioner dan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk awal, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir setelah melakukan uji coba skala besar, (7) hasil akhir model permainan football sheep pada siswa kelas 7. Populasi penelitian adalah siswa kelas 7 SMP N 1 Banjarnegara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, hasil pengisian kuesioner oleh siswa dan lembar pengamatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (8 siswa), dan uji coba skala besar (24 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkapkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa yang telah menggunakan produk. Data yang diperoleh peneliti, yaitu ahli Penjas 82,67% (Baik), ahli pembelajaran pertama 69,33% (Cukup Baik), ahli pembelajaran kedua 81,33% (Baik), dari uji coba skala kecil dan lembar pengamatan didapat rata-rata 89,16% (Baik), sedangkan untuk uji coba skala besar dan lembar pengamatan didapat rata-rata 93,19% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model permainan “football sheep” ini dapat diterapkan untuk siswa kelas 7 SMP N 1 Banjarnegara. Dapat disarankan bagi guru Penjasorkes SMP N 1 Banjarnegara agar model permainan ini dapat menjadi alternatif penyampaian pembelajaran sepakbola. Dengan adanya model permainan ini diharapkan pembelajaran akan lebih menarik, variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Pembelajaran Sepak Bola, Permainan Football Sheep. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 16:13 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 16:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23193 |
Actions (login required)
View Item |