PENGEMBANGAN PERMAINAN GUNDU MANUSIA (GUMA) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SALATIGA KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN 2015


Witono , 6101411194 (2015) PENGEMBANGAN PERMAINAN GUNDU MANUSIA (GUMA) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SALATIGA KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN GUNDU MANUSIA (GUMA) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SALATIGA KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN 2015]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN GUNDU MANUSIA (GUMA) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SALATIGA KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN 2015) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam proses pembelajaran Penjasorkes khususnya pada materi bola basket adalah kurang antusiasnya siswa dan siswa mengalami kebosanan ketika diberikan materi bola basket. Selain itu siswa merasa kesulitan apabila diberikan materi teknik dasar dalam permainan bola basket terutama pada siswa perempuan. Rumusan masalah apakah pengembangan permainan gundu manusia (guma) dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa pembelajaran Penjasorkes pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Salatiga Kecamatan Kota Salatiga. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pengembangan permainan gundu manusia (guma) dalam pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Metode penelitian yang digunakan yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (research and information) yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba l (uji coba skala kecil) dengan menggunakan 12 subyek uji coba, satu ahli permainan, dan dua ahli pendidikan jasmani. Selama uji coba diadakan pengedaran angket atau kuesioner bagi ahli pendidikan jasmani maupun subyek, (5) revisi uji coba I berdasarkan dari hasil evaluasi ahli dan uji coba I yang digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba lI (uji skala besar) yaitu dengan 35 subyek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8) implementasi yaitu melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba I didapat persentase sebesar 80,86%(baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba I didapat persentase sebesar 84,69% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba II didapat persentase sebesar 85,33% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba II didapat persentase sebesar 86,33% (baik). Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka pengembangan permainan Gundu Manusia (GUMA) ini telah memenuhi kriteria baik. Disimpulkan bahwa permainan guma ini dapat digunakan sebagai model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Saran dari peneliti yaitu (1) bagi guru untuk dapat melaksanakan dan mempraktekkan permainan Gundu Manusia (GUMA) sebagai model alternatif pada saat pembelajaran Penjasorkes khususnya materi Bolabasket, (2) bagi siswa sebagai inovasi permainan bolabasket supaya tidak timbuk rasa bosan dan meningkatkan antusias, (3) bagi pembaca, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan model penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan, guma
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 16:07
Last Modified: 26 Jan 2016 16:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23192

Actions (login required)

View Item View Item