PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA POKOK BAHASAN PEMANTULAN CAHAYA


Endah Sriyati Ningsih , 4201411105 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA POKOK BAHASAN PEMANTULAN CAHAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411105.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan metode Eksperimen dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang meliputi keterampilan mengamati, mengklasifikasi, membuat hipotesis, menganalisis dan mengkomunikasikan. Penerapan model pembelajaran ini berdasarkan pada strategi pembelajaran IPA kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan jenis one-group pretestposttest design yang dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Pembuatan proyek dilaksanakan selama tenggang waktu pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC dan kelas VIIID SMP Negeri 1 Jeruklegi Cilacap pada tahun ajaran 2014/2015. Penilaian keterampilan proses dilaksanakan melalui tes tertulis dan observasi yang dilakukan oleh guru kelas dan observer. Analisis data menggunakan uji hipotesis t-test dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan proses sains siswa yang meliputi: keterampilan mengamati, mengklasifikasi, membuat hipotesis, menganalisis dan mengkomunikasikan. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh adanya perbedaan yang signifikan nilai keterampilan proses sains sebelum dan sesudah pembelajaran. Selain itu, ditunjukan pada uji gain untuk tes tertulis sebesar 0,55, kriteria peningkatannya adalah sedang. Sedangkan hasil observasi terhadap keterampilan proses sains di peroleh besarnya uji gain 0,32, kriteria peningkatannya adalah sedang. Menurut grafik nilai tiap aspek keterampilan proses dapat dilihat bahwa kenaikan keterampilan proses sains yang paling tinggi adalah keterampilan mengamati dan kenaikan keterampilan proses sains yang paling rendah yang dimiliki siswa adalah keterampilan mengklasifikasi. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan metode Eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains, Pemantulan Cahaya
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 16:18
Last Modified: 26 Jan 2016 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23182

Actions (login required)

View Item View Item