ANALISIS DINAMIKA KELAS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 BREBES


Fitriyah Utami , 4201411088 (2015) ANALISIS DINAMIKA KELAS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411088.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum terbaru di Indonesia disebut Kurikulum 2013, menerapkan pendekatan saintifik dengan berpedoman pada silabus Kurikulum 2013. Proses pembelajaran berupa aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika. SMA Negeri 2 Brebes telah menerapkan Kurikulum 2013 sejak pertama kali ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah eksplorasi deskriptif. Subjek penelitian adalah tiga guru mata pelajaran fisika dan tiga kelas pengamatan. Kelas pengamatan adalah siswa yang mengikuti pembelajaran saat penelitian yaitu kelas X MIA 2, XI MIA 2, dan XI MIA 6 SMA Negeri 2 Brebes tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengambilan data dengan alat bantu media video, observasi pengamatan, dan angket. Analisis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif kuantitatif. Hasil penelitiannya adalah deskripsi aktivitas guru dari awal sampai akhir pembelajaran. Aktivitas guru ini dikuatkan oleh pengamatan kemampuan guru dalam mengajar meliputi mempersiapkan siswa belajar, melakukan kegiatan apersepsi, menguatkan materi pelajaran, memilih pendekatan/strategi pembelajaran, memanfaatkan sumber/media pembelajaran, mengelola pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, menggunakan bahasa dan tulisan yang jelas, dan mudah dipahami siswa, melakukan refleksi, dan melaksanakan tindak lanjut dengan arahan. Hasil pengamatan ini juga dikuatkan dari persepsi siswa terhadap kemampuan gurunya dalam mengajar. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa adalah deskripsi aktivitas belajar siswa dari awal sampai akhir pembelajaran. Penelitian aktivitas belajar siswa pada setiap kelas pengamatan menunjukkan jenis aktivitas yang berbeda karena strategi pembelajaran yang digunakan. Hasil aktivitas belajar juga dikuatkan dari angket bahwa setiap aktivitas belajar setiap siswa berbeda-beda. Berdasarkan analisis hasil penelitian, persentase pengamatan kemampuan guru dan persepsi siswa berturut-turut sebesar 75.29% dan 76.82% menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran fisika Kurikulum 2013 di sekolah ini cenderung baik. Aktivitas belajar siswa dengan persentase yang berbeda-beda menunjukkan bahwa siswa melakukan aktivitas belajar yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis hasil observasi pembelajaran dengan alat bantu media video, aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa berturut-turut persentasenya sebesar 32.71% dan 67.29% menunjukkan bahwa aktivitas guru tidak mendominasi pembelajaran, guru sebagai fasilitator, sifat pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) dan cenderung sudah menerapkan pendekatan saintifik persentasenya sebesar 64% dari 100% yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 16:13
Last Modified: 26 Jan 2016 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23180

Actions (login required)

View Item View Item