PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PROSES PENYEARAHAN ARUS PADA SISTEM PENGISIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Fathu Rahman Wahid , 5201404018 (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PROSES PENYEARAHAN ARUS PADA SISTEM PENGISIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PROSES PENYEARAHAN ARUS PADA SISTEM PENGISIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PROSES PENYEARAHAN ARUS PADA SISTEM PENGISIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Alat peraga adalah salah satu media visual yang dapat membantu menyampaikan materi pelajaran agar lebih mudah dipahami. Pembelajaran akan lebih efektif apabila obyek dan kejadian yang menjadi bahan pembelajaran dapat divisualisasikan secara realistik menyerupai keadaan yang sebenarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan alat peraga kemampuan mahasiswa dalam memahami penyearahan arus pada sistem pengisian dapat meningkat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang Smester V rombel 2 jumlah populasinya sebanyak 30 mahasiswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini ada dua yaitu pembelajaran ceramah dan pembelajaran ceramah plus media alat peraga dalam upaya peningkatan kualitas belajar. Data diperoleh dengan tes ditolak dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh t hitung sebesar 5,424. Hasil t hitung lebih besar dari t tabel pada n = 30 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t sebesar 2,045. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,424 > 2,045) maka hipotesis yang berbunyi “Terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa tentang proses penyearahan arus pada sistem pengisian setelah menggunakan alat peraga pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang” diterima. Hasil uji t tersebut dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pre test sebesar 59,47 dan hasil nilai post test sebesar 70,63. Hal ini memberikan bukti bahwa dengan penggunaan media atau alat peraga hasil post test mahasiswa meningkat sebesar 11,7 atau 19% dari nilai pree test. Beberapa saran yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain. Penggunaan metode ceramah pada proses pembelajaran yang bersifat aplikatif seperti pada pembelajaran yang membahas tentang sistem pengisian sebaiknya menggunakan tambahan media alat peraga untuk memudahkan mahasiswa memahami materi yang disampaikan oleh dosen yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa. Disarankan bagi para peneliti yang akan melakukan penelitian yang sejenis dalam pembuatan alat peraga sistem pengisian supaya membuat alat peraga yang lebih komplek sehingga dapat menggambarkan keseluruhan dari kerja sistem pengisian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, alat peraga, sistem pengisian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 May 2011 01:24
Last Modified: 25 Apr 2015 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item View Item