BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Suparmi , 4201411078 (2015) BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411078.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis merupakan mode berpikir mengenai hal, substansi atau masalah sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran dengan menangani secara terampil strukturstruktur yang melekat dalam pemikiran dan menerapkan standar-standarintelektualnya. Kemampuan berpikir kritis bukanlah suatu bawaan, sehingga bisa dilatih di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model PBL. Model PBL dapat diintegrasikan di dalam media pembelajaran berupa bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan karakteristik bahan ajar berbasis PBL, menguji tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan ajar, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode R & D. Prosedur penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf bahan ajar, dan uji coba lapangan. Desain uji coba adalah Pre Eperimental dengan jenis One-Group Pretest Postest Design. Subjek uji coba terbatas dan ujicoba skala luas adalah siswa X MIA 3 dan X MIA 5 SMA N 1 Juwana tahun pelajaran 2014/2015. Karakteristik bahan ajar berbasis PBL adalah bahan ajar ini menyuguhkan permasalahan yang bersifat autentik yang memancing kemampuan berpikir kritis dan logis sehingga siswa dapat mengembangkan hipotesisnya yang dibuktikan melalui investigasi. Tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan ajar diuji menggunakan angket dan tes rumpang. Kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari pre-test dan post-testberupa soal uraian. Hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Respon siswa diperoleh dari angket respon siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian didapatkan kriteria bahan ajar berbasis PBL pada materi suhu dan kalor yang telah teruji kelayakan dan keterbacaannya. Uji kelayakan menunjukkan bahan ajar termasuk dalam kriteria “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Uji keterbacaan menunjukkan bahan ajar “mudah dipahami” oleh siswa. Analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan kategori “tinggi”. Hasil belajar afektif dan psikomotorik dalam kategori “sangat baik”. Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis PBL termasuk kriteria “sangat baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; Problem Based Learning; berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 16:17
Last Modified: 26 Jan 2016 16:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23179

Actions (login required)

View Item View Item