Penerapan Model Teknologi Multime Konsep dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kelas IX


Adelina Ryan Candra Dewi, 4201411065 (2015) Penerapan Model Teknologi Multime Konsep dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kelas IX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411065.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia dalam meningkatkan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa pada pokok bahasan fluida statis. Penguasaan konsep siswa meliputi ranah kognitif dan pengembangan nilai karakter meliputi nilai disiplin, jujur, toleransi dan kreatifitas. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jekulo menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Sampel yang diambil kelas XI IPA 3 dan XI IPA 2 Tahun Pelajaran 2014/ 2015, dengan teknik sampling purposive, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran kooperative & diskusi kelompok. Data dikumpulkan menggunakan beberapa instrumen: 1) Tes tertulis berupa pre-test dan post test untuk memperoleh data peningkatan penguasaan konsep siswa, 2) Lembar observasi karakter siswa untuk memperoleh data mengenai pengembangan karakter siswa, 3) Lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia untuk memperoleh data penilaian keterlakasanaan model pembelajaran. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis t-test polled varians, uji gain, dan uji regresi. Hasil pre-test dan observasi tahap awal nilai karakter menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal penguasaan konsep dan karakter yang hampir sama. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Peningkatan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada kelas kontrol, dengan hasil N-gain sebesar 0,78 dan thitung sebesar 7,457. (2) Pengembangan karakter siswa pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada kelas kontrol, dengan hasil N-gain sebesar 0,83. (3) Terdapat pengaruh yang linier antara model pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia terhadap penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa. Kesimpulannya bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia efektif dan berpengaruh secara linier untuk peningkatan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Teknologi Multimedia, Penguasaan Konsep, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 16:17
Last Modified: 26 Jan 2016 16:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23177

Actions (login required)

View Item View Item