IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA


Betari Diaz Karlinda , 4201411044 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411044.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP Negeri 2 Boja, sebagian besar siswa kesulitan dalam mempelajari materi fisika. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kurangnya minat belajar siswa sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran dengan bantuan media puzzle. Penelitian yang bertujuan untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa ini menggunakan metode Quasi Experimen dengan desain Nonequivalent PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boja Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan untuk pengambilan data penelitian adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata satu pihak kanan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep fisika siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah implementasi model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan media puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan penelitian tersebut saran yang dapat diberikan yaitu fase-fase yang ada pada model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) sebaiknya tidak hanya dilaksanakan satu kali pada setiap pertemuan, melainkan beberapa kali dengan mempertimbangkan alokasi waktu, kondisi kelas, dan materi yang sedang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectually Repetition (AIR), Puzzle, Pemahaman Konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 16:18
Last Modified: 26 Jan 2016 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item