PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI LSQ TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BERGAS KELAS XI IPA MATERI LARUTAN PENYANGGA dan HIDROLISIS


Yunita Wulansari , 4301410060 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI LSQ TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BERGAS KELAS XI IPA MATERI LARUTAN PENYANGGA dan HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI LSQ TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BERGAS KELAS XI IPA MATERI LARUTAN PENYANGGA dan HIDROLISIS]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI LSQ TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BERGAS KELAS XI IPA MATERI LARUTAN PENYANGGA dan HIDROLISIS) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berpusat pada guru menyebabkan siswa tidak dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga siswa menjadi pasif. Model pembelajaran cooperative learning dengan strategi LSQ merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam membangun pengetahuan. Penelitian dilakukan di SMA N 1 bergas pada materi penyangga dan hidrolisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning dengan strategi LSQ. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Bergas tahun pelajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,68, sedangkan kelas kontrol 69,06. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran cooperative learning dengan strategi LSQ terhadap hasil belajar kimia siswa yang ditunjukkan dengan angka korelasi 0,766. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan strategi LSQ terhadap hasil belajar kimia siswa SMA N 1 Bergas dengan kontribusi 58,66%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Cooperative Learning; LSQ
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 12:21
Last Modified: 26 Jan 2016 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23167

Actions (login required)

View Item View Item